Clickbait: Pengertian, Cara Menghindari dan Manfaatnya

Clickbait – Internet semakin hari memang semakin berkembang. Dengan berkembangnya internet yang semakin pesat membuat kita bisa mencari apa saja di internet dengan mudah.

Segala hal kini sudah ada di internet. mulai dari berita, cara melakukan sesuatu, informasi tentang segala hal, dan masih banyak lagi. Memang, internet dapat memberikan dampak positif bagi kita. Namun, dampak negatif pun bisa terjadi.

Salah satu dampak negatif nya adalah clickbait. Clickbait biasa dilakukan oleh seseorang di internet yang ingin mendapatkan viewer dengan menyajikan judul yang memiliki kontroversi.

Clickbait sudah pasti merujuk ke arah penghasilan yang didapatkan dari karena berhasil menjebak seseorang berkat clickbait yang disajikan. Lalu, apa itu clickbait? Dan bagaimana cara kita menghindari clickbait?

Apa Itu ClickBait?

Apa Itu ClickBait

Bagi anda yang belum tahu apa itu clickbait, clickbait berarti umpan klik. Suatu konten bisa dikategorikan clickbait jika memiliki judul yang dijadikan sebagai umpan agar sang pembaca mengklik judul tersebut. Bukan hanya judul saja, clickbait juga merambah ke gambar yang disajikan yang semakin menambah unsure clickbait.

Baca Juga  Iklan : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

Dalam praktik jurnalistik ada beberapa gaya yang dapat dilakukan untuk membuat judul. Jika kita berbicara tentang judul, saat ini ada gaya judul yang dianggap tabu jika kita berpegang teguh pada prinsip dari jurnalistik sendiri. Salah satu gaya penulisan judul dalam praktik jurnalistik saat ini adalah gaya judul clickbait.

Clickbait Adalah Gaya Judul yang Mengundang Rasa Penasaran

clickbait adalah

Clickbait adalah gaya dalam membuat judul konten atau artikel yang dalam beberapa tahun kebelakang ini sedang naik daun.

Saat seseorang membuat judul artikel dengan gaya judul clickbait, dengan mudah dia juga akan mendapatkan traffic atau kunjungan yang sangat bombastis dan membludak. Hal ini karena tujuan utama dari penggunaan gaya judul clickbait adalah untuk menarik minat dari calon pembaca agar tertarik untuk mengklik artikel tersebut.

Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa gaya penulisan judul seperti ini sedang marak digunakan oleh beberapa media-media yang ada.

Dengan semakin banyaknya orang yang mengklik artikel yang kita buat tersebut tentu saja traffic akan semakin naik dengan sendirinya. Sebenarnya clickbait juga bukan hanya dalam bentuk judul saja, namun juga dapat menggunakan bentuk gambar.

Jika dikombinasikan clickbait gambar dan clickbait judul tentu saja rasa penasaran dari calon pembaca akan menjadi semakin besar.

Cara Menghindari Clickbait

Cara Menghindari Clickbait

Clickbait sering dikaitkan dengan pembuatan judul yang unik, menarik, dan berkontroversi. Tujuan utama dari clickbait yang dilakukan oleh pembuat konten tentu saja supaya mendapatkan viewer atau penonton agar pembaca penasaran untuk membaca lebih dalam lagi.

Banyak pula penyedia konten yang membuat judul clickbait dan memiliki isi konten yang tidak memiliki relevansi sama sekali. Hal ini bisa membuat maraknya berita hoax yang beredar di internet. Berikut merupakan cara menghindari clickbait.

1. Perhatikan Judul Konten

Seperti yang sudah kita tahu, clickbait bekerja dengan memberikan judul yang dapat menarik perhatian pembaca untuk mengklik konten tersebut.

Cara agar tidak terjebak konten clickbait adalah dengan terlebih dahulu untuk memperhatikan judul dari suatu konten. Permainan kata-kata di judul konten sering digunakan oleh pembuat konten untuk menarik perhatian agar konten nya mendapatkan viewer yang banyak.

Dengan mengandung kata-kata yang mengandung unsur ajakan dan yang melebih-lebihkan suatu patut anda perhatikan, karena bisa saja itu hanya clickbait belaka. Apabila anda menemukan judul yang aneh, alangkah baiknya anda mencarinya terlebih dahulu di google untuk memastikan apakah berita tersebut benar atau tidak.

Baca Juga  Apa Itu Digital Marketing? Ini 4 Cara Mudah Belajarnya

2. Perhatikan Kredibilitas Sumber

Cara yang lain untuk menghindari clickbait adalah dengan mengikuti sumber yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Carilah sumber atau creator yang dapat dipercaya kontennya.

Dengan begitu anda tidak akan mendapatkan konten yang berisi clickbait. Selain itu, dengan tidak mengunjungi situs yang berisi clickbait juga akan membuat creator menjadi jera menggunakan clickbait.

Anda juga tidak bisa dengan mudah menyebarkan berita yang belum tahu kebenarannya akibat clickbait yang menjebak anda. Hal itu bisa menyebabkan konflik dan kesalahpahaman atas berita tidak benar yang beredar di internet.

3. Mengetahui Isi Konten

Untuk mengetahui apakah berita yang anda baca mengandung clickbait atau tidak, anda perlu membaca isi konten tersebut. Dengan begitu anda sendiri bisa menyimpulkan apakah konten tersebut clickbait atau tidak. Jika terbukti clickbait atau isi konten dengan judul tidak sesuai, jangan lagi mengunjungi situs tersebut.

Apakah Salah Menggunakan Clickbait?

pengertian clickbait

Pertanyaan yang sering muncul di tengah industri media saat ini adalah apakah salah menggunakan clickbait? Secara prinsip jurnalistik sebenarnya tentu saja akan salah jika kita menggunakan clickbait?

Kenapa menurut prinsip jurnalistik kita salah jika menggunakan clickbait? karena dalam praktiknya banyak sekali artikel yang memakai judul clickbait tapi isinya sangat berbeda dan tidak dapat menjawab judul yang dipakai untuk memancing minat rasa penasaran orang-orang tersebut.

Baca Juga  Apa Itu Reseller? Ini 4 Perbedaan Reseller dan Dropship

Banyak penyalahgunaan pada pemakaian judul clickbait. Misalnya saja saat kita membaca beberapa content atau judul artikel yang menggunakan gaya bertanya, tentu saja kita akan langsung membuka artikel tersebut untuk mengetahui jawaban dari judul yang ditulis tersebut kan?

Namun saat kita selesai membaca artikel tersebut, kita tidak akan menemukan jawaban dari judul yang kita baca tersebut. Inilah kenapa ada banyak orang yang anti dan benci dengan clickbait.

Namun apabila kita memang tahu bagaimana cara menggunakan clickbait tanpa harus menipu para pembaca yang mengunjungi website kita, maka kita tidak salah dalam menggunakan clickbait untuk membuat judul atau gaya judul kita.

Yang paling penting adalah kita harus bisa menggunakan clickbait dan juga memberikan informasi yang sesuai dengan judul apa yang anda buat tersebut. Dengan begitu pengunjung website anda tidak akan kecewa setelah mengklik artikel dengan judul clickbait yang anda buat tersebut.

Keuntungan Menggunakan Clickbait

Keuntungan Menggunakan Clickbait

Tentu saja anda bertanya-tanya apa saja keunggulan dari kita menggunakan atau membuat judul clickbait untuk artikel yang kita buat. Berikut dibawah ini adalah beberapa keuntungan menggunakan clickbait yang harus anda ketahui.

a) Pageview Meningkat

Keunggulan menggunakan clickbait adalah pageviews atau traffic website kita akan meningkat. Hal ini karena akan ada banyak orang yang akan mengklik konten atau artikel yang kita buat tersebut.

Jika ada banyak orang yang mengklik artikel yang kita buat tentu saja traffic atau pageviews website yang kita kelola tersebut juga akan semakin banyak.

Baca Juga  Apa Itu Dropshipper? Dan Apa Perbedaanya Dengan Reseller?

b) Meningkatkan Brand Awareness

Saat kita menggunakan judul yang menarik atau judul clickbait tentu saja akan ada banyak orang yang mulai menyebarkan informasi tentang website yang anda kelola tersebut lewat sosial media yang mereka gunakan.

Yang terpenting adalah anda harus bisa membuat judul yang menarik dan terkesan clickbait, namun isi atau konten yang anda buat tersebut harus sesuai dengan judul yang anda gunakan.

Kekurangan Menggunakan Clickbait

Kekurangan Menggunakan Clickbait

Namanya keuntungan pastinya saja ada juga kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan menggunakan clickbait untuk judul konten yang kita buat.

a) Bounce Rate Akan Meningkat

Salah satu dampak positif menggunakan clickbait adalah pageviews atau traffic yang akan meningkat. Namun dibalik pageviews yang meningkat ada dampak negatif dari adanya peningkatan traffic tersebut yaitu bounce rate yang juga cenderung akan meningkat.

Bounce rate merupakan persentase orang yang mengklik tombol kembalis etelah membuka website atau konten yang anda buat tersebut. Bounce rate adalah salah satu indikator keberhasilan dari strategi digital marketing, untuk itu usahakan anda harus memiliki website dengan nilai bounce rate yang rendah.

Baca Juga  Pengertian E Commerce: Sejarah, Contoh, dan Manfaatnya

b) Kredibilitas Berkurang

Kekurangan menggunakan judul yang clickbait adalah kredibilitas dari website yang kita buat akan berkurang. Tentu saja jika ada banyak orang yang kecewa terhadap konten yang kita buat, kredibilitas website kita akan menurun.

Banyak orang yang akan trauma dan tidak mau membuka website kita setelah tahu ternyata website yang kita miliki sering clickbait. Untuk itu jangan sering-sering menggunakan clickbait supaya kredibilitas website anda tetap stabil.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *